Mantenku

Mantenku

Rabu, 13 Agustus 2014

Kenapa Armand?

Hello my friends....


Rasanya sudah lama tidak update blog ini. Beberapa waktu yang lalu si pemilik blog ini sedang disibukkan ngurus tesis (yang sampe sekarang masih juga belom selesai). Beberapa hari ini saya malah juga sibuk ngurus anak karena dua pengasuh anak2 saya sedang mendapat halangan. Duh, Allah itu memang maha segalanya ya....kalo pas dikasih enak, dikasih semua, kalo pas ga enak, kok ya pas dua2nya.... Gapapa, harus sabar.


Teman2 tahu nama anak saya? Iya, namanya Naufal & Filza. Tapi mungkin belum pada tahu panjangnya ya... Anak saya yang besar namanya Armand Muhammad Naufal, sedang yang kecil Filza Shaista Armanda. Selalu terselip nama Armand disana. Bukan tanpa maksud. Memang Armand adalah singkatan dari nama saya & suami (Arbain, Manda).

Lucu ya? Nggak juga.  Selain nama yang sama dengan vokalis Gigi, Armand artinya bagus kok. Menurut www.sheknows.com Armand adalah "a German baby name", yang artinya adalah "army man". Kami mengartikannya "pejuang tangguh", setangguh soldiers yang pantang menyerah membela negara. Disamping itu, kami sudah sering menggunakan nama itu sejak tahun 2004 sebagai nick email bersama & nick yang lain kami waktu itu.
Di nama Naufal juga ada kata Muhammad, itu juga bukan tanpa alasan. Dulu saya sangat menghindari nama Muhammad, bukan berarti saya tidak menghargai nama Rasulullah SAW, tapi saya berpikir nama tidak harus sama dengan Rosul. Disamping itu nama ayah mertua saya juga menggunakan kata Muhammad, adik-adik ipar saya yang laki2 namanya juga Muhammad semuanya, & belum lagi keponakan saya anak mbak ipar juga Muhammad lagi. Sudah merencanakan nama yang lain pada waktu itu. Tapi ternyata, Naufal lahir maju dari perkiraan. Dia lahir tepat sebelum adzan magrib 12 Rabi'ul Awal, tepat pada hari maulid Nabi. Moment ini tdak boleh terlewatkan bagi kami. Kami merasa "suatu kehormatan" anak kami lahir bersamaan dengan perayaan maulud Nabi Muhammad SAW. Karena itu kami sangat bersemangat memberinya nama "Muhammad". Jadilah namanya "Armand Muhammad Naufal" yang kami artikan pejuang Muhammad yang bagus baik kata maupun perbuatan. 

Filza, anak kami yang kedua mempunyai nama lengkap "Filza Shaista Armanda". kata Armanda (masih dengan alasan yang sama ya) artinya juga hampir sama "the feminine of Armand". Jadi kami artikan sama..."pejuang". Filza adalah "red rose from heaven" atau mawar merah dari surga. Shaista artinya "beautiful, strong, intelligent"...cantik, kuat, cerdas. So perfect. Namun ada kalanya nyesek kalo ingat bagaimana dia ketika sakit dulu. Sering kami berkata "Filza Shaista Armanda....Filza pejuang tangguh yang kuat". Dia memang tangguh & kuat karena dia mampu melewati 17 hari di kamar PICU, dioperasi 2x di kepala dengan hanya selang 2 minggu, kuat dipasangi selang shunt, kuat juga bolak balik ke RS karena penyakit lainnya. Sebenarnya, hampir ga bisa bayangin bagaimana masa remaja & dewasanya kelak...(huaaaa...emaknya nangis deh).

Tugas orangtua ada 3 (kata suami saya yang meng-quote hadist Nabi):
1. Memberi nama yang bagus
2. Mendidik dengan Al Qur'an
3. Menikahkan
(Belakangan dia tambah sendiri dengan "memberinya adik". Emang dasar suami saya suka bercanda.)

Tugas pertama memberi nama yang bagus sudah terlaksanakan. Besok di akhirat, dimana kita semua akan dipanggil dengan nama kita & nama ayah kita, Naufal akan dipanggil "Armand Muhammad Naufal bin Arba'in Rajab Nugroho" dan Filza akan dipanggil "Filza Shaista Armanda binti Arba'in Rajab Nugroho".

Tugas kedua menddik dengan Al Qur'an...sedang ongoing process ke arah sana meski banyak tantangannya....ada Pou, Angry Birds, dll. Apalagi bapaknya sedang sibuk Pramuka & emaknya sedang galau tesis. Tapi tak apa, tiap kali ada waktu selalu mengingatkan supaya sholat 5 waktu tidak bolong. Menyekolahkan di SD syariah juga salah satu usaha dari itu.

Tugas ketiga, semoga kami semua panjang umur sehingga bisa menyaksikan Naufal & Filza menikah dengan orang yang baik & beriman. Aamiin. Heheee

Salam hangat from Solo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar