Mantenku

Mantenku

Kamis, 26 Juni 2014

Cara Perpanjangan SIM C (Solo)

Tepat di hari ulang tahun saya beberapa hari yang lalu, ternyata SIM C saya juga sudah habis masa berlakunya. Beberapa hari mengendarai SIM yang sudah mati tu rasanya deg-degan, takut kena razia. Kemudian, dengan diantar suami, saya bertekad memperpanjang SIM saya.


Saya dulu ingat, tahun 2009, memperpanjang SIM itu hanya Rp. 60.000,- biayanya. Namun, sebelum itu saya harus mencabut berkas SIM saya dari Kulon Progo. Pada tahun itu, mencabut berkas murah, hanya Rp. 20.000,-. Kali ini biaya pepanjangan SIM C memang sudah naik sedikit, jadi Rp. 75.000,-.


Kalau teman-teman  di Solo ingin memperpanjang SIM C, langkahnya seperti ini:

  1. KIR dokter di belakang masjid Kottabarat (dulu di RS Bayangkari, tp sekarang khusus KIR pindah kesini). Masuk saja ke gang di samping masjid. Tepat belakang masjid, ada klinik dokter siapa ya lupa hehee... Tapi waktu itu kami kelihatan kebingungan & dipanggil pak tukang parkir, "KIR sini!". Kayaknya udah hapal ni pak parkir, kalo ada yg bingung nyari2 pasti mau KIR nyari SIM. Biaya KIR dokter Rp. 25.000,-
  2. Fotokopi SIM lama 3x & KTP 3x.
  3. Datang ke kantor Polwil Surakarta di Jl. Slamet Riyadi, tepatnya Gendengan (deket Sriwedari apa ya....ah lupa, maklum bukan orang Solo asli). Bilang pada bapak yang jaga pos mau perpanjangan SIM. Isi daftar tamu.
  4. Segera menuju bagian Lantas. Di sana sudah banyak yang antri nyari SIM. 
  5. Ikuti petunjuk (Loket 1 bayar Rp. 75.000,-, loket 2 ambil formulir, loket 3 kembalikan formulir, loket 4, antri foto, & loket 5 ambil SIM).
  6. Sudah jadi...bisa pulang.
Jadi ketika itu, total waktu saya di  Polwil Surakarta ga nyampe 1 jam. Waktu itu juga tidak terlalu antri...so lucky me. Total biaya hanya Rp. 100.000,- saja. Ternyata saya termasuk yang taat peraturan lho, abis ada yang udah mati berbulan-bulan  baru mo perpanjang.

Semoga bermanfaat.
Salam hangat.

5 komentar:

  1. saya juga mau perpanjang nih. sudah telat hampir 1 bulan. terima kasih sudah membantu informasinya.

    BalasHapus
  2. Betul sekali mbak. makasih sudah mampir kesini.

    BalasHapus