Mantenku

Mantenku

Sabtu, 17 Januari 2015

Mencari Ilmu itu Ibadah

"Kenapa sih kamu lebih suka membuka buku pelajaran daripada Al Qur'an?"

Saya rasa kalimat di atas itu sangat janggal maknanya; seakan-akan si pembicara menganggap bahwa menuntut ilmu itu tidak penting. Seakan-akan, menuntut ilmu itu bukan perintah agama. Si pembicara ini maksudnya baik, of course, untuk menyadarkan orang lain betapa membaca Al Quran itu penting. Tapi meski isi nasehatnya benar, jika disampaikan dengan bahasa yang 'dangerous' ini, akan membuat orang lain yang seperti saya jadi illfeel (ilang feeling).

Siapa sih yang ngomong? Orang berilmu & berpendidikan tinggi, kan? Siapa yang ada di depannya? Orang berilmu semua. How can someone say such a thing? I am all astonishment.

Mencari ilmu itu ibadah yang tiada habisnya, jika Anda mengungkapkannya layaknya Anda bertasbih, menyelidikinya layaknya Anda berjihad, mengajarkanya seperti bersedekah, dan memikirkannya seperti berpuasa, Subhanallah. Jangan patah semangat untuk mencari ilmu, ilmu yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat tentunya.
https://nubogalalakon.wordpress.com/2010/05/04/mencari-ilmu/

Manusia diciptakan Allah & diturunkan ke bumi. Allah tidak serta merta melepaskan manusia ke bumi tanpa "buku petunjuk" yaitu Al Qur'an. Manusia yang membaca & mengamalkan Al Qur'an sudah pasti, undoubtedly, akan menjadi manusia utama, penghuni surga.

Jika kita ingin membuat orang lain terinspirasi membaca Al Qur'an, masih banyak aktivitas yang (sebenarnya ga rela mengucapkan kata ini) "lebih rendah" dari pada mencari ilmu, seperti nonton TV (padahal nonton TV untuk mengikuti berita juga dianjurkan), nonton acara gosip, main social media, bermalas-malasan. Masih banyak, yang penting jangan mencari ilmu. Seakan-akan pencari ilmu itu hanya pecinta dunia saja.

Okelah, banyak di negara maju, para pencari ilmu yang kemudian menuhankan ilmu. Bertuhan pada ilmu. Tapi, saya kita Anda dan saya mengerti bahwa kita bukan mereka. We are NOT one of them.

Muslimah berjilbab adalah 'ambassador' atau duta bagi agama Islam. Mereka harus cerdas; karena itu mereka harus menuntut ilmu. Mereka harus berwawasan luas; karena itu mereka harus mengikuti perkembangan jaman. Namun, mereka juga harus paham ajaran agama mereka sendiri; itulah sebabnya mereka harus terus membaca Al Qur'an dan menghadiri majelis ta'lim. 

Semua itu penting; mencari ilmu itu tidak terlepas dari agama. Jangan dipisah-pisahkan. Seperti juga Islam mengajarkan kita untuk bekerja keras mencari harta yang halal & berkah. Seimbang dalam kehidupan dunia & akhirat; that's what I learned since when I was at Elementary School.

"Mind Your Language"
(Perhatikan bahasamu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar