Mantenku

Mantenku

Minggu, 08 September 2013

Cerita Usus Buntu 1

Usus buntu....
Apa sih usus buntu itu?
mengapa kedengarannya menakutkan?
Ah tidak juga, semua orang terlahir dengan usus buntu. Hanya, jika usus buntu sudah meradang, terinfeksi, atau sakitlah pokoknya (appendicitis), memang sebaiknya diambil lewat operasi.

Nah termasuk saya ni. Saya sejak kuliah S1 dulu sebenarnya sudah sering merasa sakit pada perut kanan bawah. Pernah datang ke puskesmas atau dokter ya, lupa hehee, udah dibilangin kalau sakit usus buntu. Waktu itu disarankan untuk tidak makan pedas & bayak minum air putih saja. Ya sudah, saya turutin saja. Aman, ga perlu operasi, pikir saya waktu itu.


Pada saat masa-masa kuliah, bagian kanan bawah ini kadang sakit, kadang tidak. Jadi, kadang mau memutuskan apakah benar-benar sakit itu gimana gitu. Takut diketawain dokter :D

Sekarang ini, pada saat saya kuliah S2, malah kambuh lagi sakitnya. Berawal dari lebaran 2013 ini, pada saat mudik ke kampung halaman, beberapa kali makan pake saus pedas. Enak banget memang. Tapi, ada satu hari dimana perut saya rasanya sakittttt banget, pas di kanan bawah. Sejak itu jadi rajin minum propolis. Untung ibu saya punya banyak stok propolis (eh ini bukan ngiklan lho ya).

Ketika kembali ke Solo, beberapa kali juga saya mengalami sakit perut. Malahan pas 17 Agustus kemarin, saya diantar suami ke IGD sebuah RS negri di sini. Sampai di RS sebenarnya agak ragu-ragu karena di halaman RS banyak karyawan sedang melakukan upacara. Agak tidak pede juga karena kadang sakit, kadang enggak.

Di IGD, saya diperiksa seorang dokter jaga (sepertinya) yang masih sangat muda. Dia cantik & ramah (pujian tulus ini mah). Ketika perut kanan saya ditekan olehnya, ya itu tadi, kadang sakit kadang enggak. Tapi ada satu titik disana yang sakitt lah pokoknya. Akhirnya dipanggilkannya seorang dokter bedah.

Oleh dokter bedah ini, kaki kanan saya ditekuk, dan rasanya tidak sakit pada perut. Katanya saya bukannya usus buntu, melainkan hanya sakit mau mens (padahal saya ini bisa merasakan bedanya sakit mens sama sakit lain). Jelas saja saya ngeyel. "Wong sakitnya di dalam sana, sebelah sini Dok, pasti usus buntu," saya ngotot aja waktu itu. Hasil cek darah juga tidak ada peningkatan sel darah putih. Is that all? Saya jadi mikir apakah yang dilayani hanya yang udah parahhh banget ya.

Akhirnya saya disuruh pulang & diberi obat oleh mbak dokter cantik tadi. Obatnya cuma semacam obat mag & penghilang rasa sakit. Saya udah mikir ni, ga bakalan saya minum lah.... Tapi karena dorongan suami, akhirnya saya minum juga meski ga rutin & ga habis (peace ya papah hehee..). Mbak dokter tad juga mengajurkan saya untuk USG. Bisa ke RS itu tapi lain hari (karena itu pas tanggal merah), atau di lab swasta.

Sebulan sejak itu baru saya USG ke lab swasta. Saya sih mikir praktis aja, kalo di RS negri pasti antrinya lama & panjang. Maklumlah RS negri itu lumayan digemari. pasien dari Sukoharjo, Wonogiri, Boyolali, dll banyak yang ke sana. Akhirnya saya USG ke Budi Sehat. USG di sana 360 ribu, tapi karena hari itu ada program diskon, saya cuma bayar 270 ribu saja. Alhamdulillah..... Ketika di USG, kelihatan semua bahwa memang usus buntu saya ada penebalan, jadi feeling saya emang benar hehee...(bangga bener). Dokter radiologi bilang, "Ini usus buntu tapi sudah lama. Setelah ini konsul ke dokter bedah ya mbak". 

Gambar hasil USG, maafkan miring ya pemirsah

Sebelum ke RS, cari rujukan ke Puskesmas dulu kalau ingin pakai Askes

Hari berikutnya saya ke RS negri semula, tapi kali ini saya ke poli bedah. Paginya saya ke sekolah dulu ninggalin tugas untuk murid-murid tercinta. Di RS, bagian pendaftaran lancar & cepat (gratis pula karena pakai Askes). Namun begitu antri di poli bedah, luar biasa lama. Dari jam 10-11.30, saya belum dipanggil untuk cek map rekaman medis. Akhirnya pukul 11.30 sekian (karena udah protes 2 kali juga), saya dipanggil langsung ke ruangan praktek. Langsung saja saya tunjukkan hasil USG. Dokter langsung bilang, "Ibu mau kalo dioperasi?". Saya juga jawab, "Mau dok" (emang saya kesini pingin operasi hehee...karena kalau lagi kumat sakitnya, emang sakit). Dokter tersebut memeriksa dengan cara memasukkan jari ke dubur. Saya tidak kesakitan, berarti tidak sedang radang. Setelah itu, beliau meminta saya ke lab; banyak sekali komponen darah yang harus di cek. Dan ternyata... olala...labnya sudah tutup. Ya sudah karena itu kemarin hari Sabtu, jadi saya balik kesana Senin. Hari ini sekalian ngerjain tugas karena kuliah juga sudah mulai. 

Sekian dulu; tunggu saya di cerita selanjutnya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar